2

let's do the best

let's do the best...

well well well... sudahkah kita melakukan hal yang terbaik untuk hidup kita??

sudahkah kita memaksimalkan usaha kita dalam menjalankan profesi yang sedang kita jalani????

kalo masih sekolah... ya profesionallah menjadi seorang murid atau mahasiswa... maksimalkan usaha kalian sebagai seorang pelajar yang mempunyai tugas besar yaitu belajar...

jadi inget tulisan yang masih nempel di kamar... jadi itu sebagai motivasi aku belajar saat masih kuliah,... di kertas warna hijau aku tuliskan kata-kata...

"berusaha untuk mengharapkan ridho Alloh SWT
belajar untuk diri sendiri dan
hasil yang baik untuk orang tercinta (orang tua)"

jadi dulu itu aku tidak begitu memusingkan dengan hasil belajar (nilai) karena bagiku berusaha, belajar dan mengerti ilmunya itu lah yang terpenting...
jadi... aku buatkan motivasi "berusaha untuk mengharapkan ridho Alloh SWT dan belajar untuk diri sendiri"

tapi... lama-lama aku berpikir... kalau ternyata nilai yang baik juga diperlukan... walau bukan jadi hal yang utama tapi setidaknya dengan nilai kita yang baik membuat orang tua kita menjadi bangga... makanya aku buat kata2 terakhir motivasiku "hasil yang baik untuk orang tercinta (orang tua)" karena sebagai seorang pelajar hanya itu yang baru bisa aku lakukan untuk membahagiakan orang tua... minimal bisa membuat mereka tersenyum...

dan ternyataaaa.. semua bisa terwujud... kalau kita benar2 berusaha dengan giat, jujur, tulus mengharapkan ridho Alloh SWT.... pelajaran yang kita pelajari akan mudah dipahami dengan sendirinya... dan setelah memahami maka akan mudah bagi kita menghadapi soal2 ujian... yang akhirnya semua itu membantu kita untuk mendapatkan hasil yang baik :)
Alhamdulillah...
*itu pengalamanku yaaaa*

jadi motivasi itu memang harus kita sendiri yang mengawalinya...

nah...
sekarang kalo profesinya sebagai guru...

aku sih dibilang guru... uuuhmmm... masih jauh untuk dikatakan layak sebagai seorang guru... dan guru itu sering diidentikan dengan seseorang yang mengajar di sekolah... sedangkan aku???? baru bisa mengajar di tempat BIMBEL (bimbingan belajar), walau yaaa kalo dilihat secara pandangan luas mengenai guru ga seperti itu juga...

terlepas dari sekolah...
aku mengajar di tempat bimbel yang menurutku juga memiliki tanggung jawab yang tidak jauh berbeda dengan guru di sekolah... yaitu bagaimana kita memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik kepada siswa yang kita ajarkan...

kalau dikatakan sudah baik.... aku rasa belum...
masih banyak kekurangan yang aku miliki dalam hal profesi aku sebagai seorang pengajar...
tapi kita tetap harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada para siswa...
kebetulan aku mengajar dari tingkat SD, SMP sampai SMA
dan pendekatan belajarnya pun tentu berbeda-beda...

sebagai seorang guru kita harus pintar melihat kondisi siswa... bagaimana potensi mereka... bagaimana kadar motivasi mereka dan bagaimana agar mereka bisa tertarik untuk sadar belajar...

butuh kesabaran... tentunya dalam menghadapi siswa... kadang kita perlu memposisikan kita sebagai mereka (siswa), tapi kita jangan sampai lupa dengan posisi kita yang sebagai guru... (tentunya harus mengajarkan yang baik2 donk)...

sebagai guru cenderung harus lebih memahami siswa... inilah yang beratnya menjadi seorang guru.... kita ga boleh menunjukkan beratnya kita menjadi seorang guru, kita ga boleh mengeluh dengan apa yang kita hadapi, dan kita juga harus bisa tetap bersemangat agar siswa2 kita juga menjadi bersemangat....
bagaimanapun kondisi hati kita, kita tetap harus memberikan yang terbaik untuk siswa... karena... jangan sampai kita menularkan hal yang tidak baik kepada mereka...

jadiiiiiiii... yuk tetap semangat dan maksimalkan usaha kita dalam menjalani profesi kita masing-masing (^___^)//

2 komentar:

Andi AF Studio mengatakan...

amiiiin... (ngaminin harapannya)
salam kenal n follow back ke andyonline.net ya.. ^_^

Unknown mengatakan...

ok... tengkyu... komennya.. hehe... sipp... di folback niyyy

Entri Populer

Visitors

Back to Top