0

sotoy komen buku

Sebuah tulisan bisa hidup bila penulisnya mengemas dengan baik, mudah dicerna oleh sasaran pembacanya dan membuat isi yang unik atau menarik
selain itu, tulisan itu akan hidup bila si pembacanya ikut menghidupkannya. Artinya bila si pembaca tidak bisa memberikan reaksi dan keingintahuannya maka buku itu akan mati, tidak ada artinya buat si pembaca

Di dalam tulisan.... bisa menunjukkan seberapa besar pengetahuan si penulis...
walaupun hanya sebuah tulisan fiksi atau novel, itu juga menunjukkan pengetahuan si penulis yang akan mengemasnya dalam jalan cerita novel tersebut.
misalnya nih kebetulan aku lagi terkagum dengan tulisan-tulisannya tere liye. Tulisannya itu begitu menyentuh perasaan, banyak memberikan pengalaman, gambaran cerita dengan pengetahuan yang luas, dan banyak hikmah dan kekaguman setelah membaca tulisan-tulisannya. jadi di setiap cerita novelnya itu berlatar suasana dan kehidupan yang berbeda, yang tidak umum dan mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui keadaan yang sebenarnya yang seperti ada dalam tulisannya.

ada juga novel-novel yang mengemas perasaan, romantisme atau permasalahan yang hanya sekedar itu-itu saja, kehidupan di sekolah, di kampus yang secara umum.
tapi tere liye tidak... di balik alur dan jalan cerita kehidupan yang berbeda tetap diberikan sentuhan indah mengenai perasaan dan romantisme itu.

nah...
semakin banyak kita membaca buku, maka akan semakin tertarik untuk menulis sendiri.
tapi ketika kita menemukan tulisan-tulisan bagus yang bisa menggambarkan kehidupan dengan pengetahuan yang begitu luar biasa, kita akan semakin merasa pengetahuan yang kita miliki ini masih sangat terbatas.
butuh pengalaman, butuh pengetahuan dan butuh penelitian juga.
ternyata fiksi itu juga bisa berangkat dari karya ilmiah yaaaa.. hohoho...

isi/tulisan-tulisan di dalam buku ini akan berkorelasi terhadap harga jual buku itu sendiri.
semakin bagus isi/tulisan di dalam buku, akan mempengaruhi banyak pembaca, otomatis dengan seperti itu akan membuat harga si buku ini lebih tinggi.
tapi... sebetulnya harga dari ide/tulisan di dalam buku itu jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga jual buku itu sendiri.
Sebab tak semua orang mampu menuangkan ide-iden yang ada dipikirannya menjadi sebuah tulisan yang juga membutuhkan cara pengemasan yang baik.

tapi tetep aja sih bagi seorang pembaca akan lebih menyenangkan bila ada harga diskonan dari harga buku yang bagus itu xixixixixi....

oke.. gak ada ruginya deh kalau kita suka membaca... ^___^
banyak pengetahuan baru yang akan kita dapatkan, banyak pelajaran yang bisa kita petik dan mungkin kita bisa melihat sesuatu yang lain yang tak pernah kita temui

0 komentar:

Entri Populer

Visitors

Back to Top