0

Usia Kehamilan 23 Minggu

Hari ini memasuk Usia kehamilan 23 minggu
menjelang kehamilan 6 bulan ini Belum periksa lagi ke dokter, tapi ada sedikit banyak informasi yang aku sudah tau tentang perkembangan kehamilan usia 23 minggu ini.

informasi dari buku :
Rahim kini berada kira-kira 23 cm dari simfisis pubis. Di dalamnya, tubuh janin tidak lagi terlihat kelewat ringkih karena sudah bertambah montok dengan berat hampir 550 gram dan panjang sekitar 20 cm. kendati begitu kulitnya masih tampak keriput karena kandungan lemak di bawah kulitnya tak sebanyak saat ia dilahirkan kelak. Namun wajah dan tubuhnya secara keseluruhan sudah amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti. hanya saja rambut lanugo yang menutup sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap di usia kehamilan ini. Pankreas janin yang berfungsi penting dalam produksi hormon, terutama insulin yang diperlukan dalam metabolisme gula, kini semakin memantapkan perkembangannya. Jika janin terekspos kadar gula darah yang tinggi/hiperglikemia, pankreas janin mampu memberi respon dengan meningkatkan kadar insulin plasma darah. Adanya peningkatan kadar insulin ini yang umumnya terjadi pada janin dari ibu penderita diabetes mellitus dan biasanya sudah mulai teridentifikasi sejak usia kehamilan 9 minggu.itu sebabnya diperlukan pemeriksaan gula darah agar bisa diberikan penanganan sejak dini.
nahhh pasti banyak para bunda yang mengerinyitkan dahi dengan istilah-istilah biologi di atas heheheh.... soalnya kurang familier yaaa...
begitu pun aku yang ada sedikit mengerti dan ngga mengertinya dari istilah-istilah di atas.
yang pasti memasuki usia kehamilan 23 minggu itu :
  • Perut otomatis udah lebih terasa beratnya 
  • Frekuensi gerakan si bayi di perut sudah semakin sering, belum pernah ngitungin sih berapa kali gerakan dalam satu hari yang pasti lebih sering dari minggu-minggu sebelumnya. 
  • Punggung mulai terasa sering pegel, bawaannya pengen senderan mulu hehe...
  • Kalau jalan kaki atau berdiri ga bisa berlama-lama karena kaki juga cepet pegel mungkin efek nopang berat badan yang tambah nduuuuttt...
  • Mulai terasa gatal di bagian perut dan dada apalagi kalau sampai berkeringat, tapi ini masih bisa ditanganin dengan baby oil atau minyak zaitun ditambah bedak gatal. Katanya sih jangan digarukin takut nantinya berbekas kebanyakan orang setelah melahirkan ada banyak bekas stretch mark di bagian-bagian tertentu akibat sering digaruk. aku sendiri belum melihat ciri-ciri adanya strech mark di bagian tubuh pada kehamilan minggu ini, jadi rutin mengoleskan baby oil (minyak zaitun) dan bedak gatal untuk pencegahan adanya strech mark juga. Oh ya FYI kalau aku mulai mengoleskan baby oil atau minyak zaitun dari usia kehamilan 4 bulan dan kalau bedak gatal baru-baru ini. 
  • Sering kesemutan. entah ini karena bawaan orok atau emang hawanya lagi sering dingin karena bogor ujan terus, entahlah yang pasti suka aja kesemutan bisa mulai dari kaki, tangan sampe kepala juga kesemutan. 
  • Lapar di pagi hari lebih cepat datang dari biasanya. Kayak jam 6 pagi udah mulai lapar padahal semalem juga makan malam cukup.
nah itu pengalamanku yaaa... entah sama atau ngga sama pengalaman bumil lainnya.
Yang pasti sih yaaaa buat para bumil harus selalu enjoy dengan kehamilannya. Dinikmatin aja setiap perubahan yang terjadi di setiap masa kehamilan ini. dan pada akhirnya ga terasa ternyata kehamilan ini sudah setengah perjalanan menuju finish (kelahiran).

Semoga tetap diberi kesehatan dan kelancaran sampai tiba waktunya melahirkan baby ^__^ amin.

0 komentar:

Entri Populer

Visitors

Back to Top