0

setia jadi penumpang Angkutan Umum (Angkot)

Kota kelahiranku (Bogor) emang udah terkenal banget sama julukan kota seribu angkot, karena emang di Bogor Buuuuaaaannyyaakkk banget angkotnya. Sampe jadi bahasan menarik pas masa kuliah tentang perencanaan wilayah Kota Bogor.

Aku adalah salah satu penumpang setia angkot haha bisa dikatakan seperti itu.
Ketika orang beramai-ramai membeli motor dengan harga yang bisa dikatakan bisa dijangkau semua kalangan, aku malah tetep keukeuh pake angkot aja.
sampe sempet dulu kan ngajar di tempat yang agak jauh, temen-temen ga cape-capenya nyaranin aku untuk beli motor. Aku hanya jawab dengan senyum terindah dan berkata "kasian supir angkot, kalau ga ada yang jadi penumpang perputaran rezekinya jadi sedikit". Kalau punya motor sendiri kan ternyata lebih banyak memberikan manfaat buat diri sendiri daripada buat orang lain. *tsah...

Sebenernya suami ada motor tapi untuk di Jakarta, kalau untuk di Bogor kita sepakat untuk ngangkot aja hehehe.... dan mind set nya aku tuh udah tertanam kalau naik motor tuh ga mau bawa sendiri (dan emang bisanya cuma nge gas tapi ga bisa belok wkwkwk)  kecuali kalo dibonceng sih no problemo hohohoho....

jadi penumpang setia angkot, ga melulu berbahagia ketika naik angkot.
ada suka dukanya juga. Dan gak semua angkot itu nyaman untuk dinaikkin. yaaaa... namanya juga kita cuma numpang yaaaaa.... lebih baik ga banyak protes apalagi bayarnya cuma Rp. 2500 per rute nya.

angkot yang paling nyaman dinaikin *versi aku* haha adalah angkot yang apa adanya alyas bawaan pabrik alyas YANG TANPA MODIFIKASI apapun. Karena emang kalo bawaan pabrik kan udah sesuai banget sama SNI jadi sudah diuji kelayakannya. Nih penjabaran kenapa ga suka angkot yang aneh-aneh alyas yang dimodif :

1. Angkot yang dimodif ditambah dengan sound system : itu bikin sempit tempat duduk, yang harusnya bisa muat 4 dan 6 orang jadi cuma muat 3 dan 5 orang itu pun udah cukup berdesakkan yang lebih nyebelinnya lagi adalah udah tau semakin sempit si supir angkot tetep maksain jumlah penumpangnya yang sesuai dengan angkot bawaan pabrik (4 dan 6) *dikira barang apa yak penumpangnya dibiarin bedesekan.

2. Angkot yang kursinya ditutup full ah entah istilah modif nya apa. Ini cukup bikin kaki pegel karena kaki penumpang jadi ga bisa ngolong *halah bahasanya* kasian banget kalo orang yang punya kaki lebih panjang dari umumnya pasti kesempitan jadi beradu kaki sama penumpang yang ada di depannya.

3. Angkot yang PER nya dipendekin, jadi kalo ada jalan berlubang dikit atau rada ga mulus pasti jadi berasa banget gajlukannya. heudeuuuhh ini sih kasian ibu-ibu hamil.

4. Angkot yang jendelanya dimodif macem-macem. haduh beneran deh kalau yang bawaan pabrik tuh lebih nyaman dan sesuai dengan kondisi, kalau jendela udah dimodif pasti ga nyaman. Bisa anginnya kerasa kenceng banget, ga bisa dibuka tutup atau apalah macem-macem.

memang angkot yang paling keren itu angkot yang apa adanya, toh mau dimodif atau ngga bayarnya sama aja kalau di bogor kota kan cuma Rp. 2.500

Nah itu kan tadi masalah kenyamanan kondisi body angkotnya, sekarang kita bahas suka dukanya naik angkot ya....

suka dukanya naik angkot adalah...
pertama : sukanya bisa muat banyak orang, alyas bisa rame-rame sama temen or sodara bahkan sama orang lain, bahkan gak jarang angkot menjadi tempat yang disadari atau ngganya ya nyaman juga buat area ngobrol alyas tempat curhat wkwkwkwk selama itu ga ngeganggu penumpang lain yaaaa yang ngga kita kenal, karena kadang ganggu juga kalau ada yang curhat di angkot dengan suara yang terlalu kenceng hahahaha... *padahal sendirinya juga suka lupa diri.

kedua : terbebas dari cuaca terik atau hujan. Ini otomatis ya walaupun mungkin gak melindungi 100% kita dari cuaca tapi setidaknya naik angkot lebih nyaman untuk menghindari cuaca yang lagi ngga asik. ya kan ya toh....

ketiga : kadang banyak inspirasi yang muncul saat kita duduk di angkot. Bahkan kalau anak sekolah nih ya ga jarang manfaatin waktu untuk baca buku selama perjalanan di angkot saat mereka mau ulangan. Aku juga seneng baca novel di angkot hahaha secara ya daripada liatin wajah orang lain mending baca buku. tapi ga sedikit orang juga yang pusing kalo baca buku di angkot. Ya namanya juga subjektif yaaaa....

Keempat : jadi sarana dzikir dan sholawat. Sambil nunggu perjalanan sampai ke tujuan kita juga bisa isi dengan membaca dzikir dan sholawat mau itu dibacain atau sekedar dalam hati.

Kelima : penumpang ga perlu pusing dengan rambu-rambu lalu lintas dan kepiawaian dalam menyetir supaya bisa ke tempat tujuan, karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab si supir. Ya walaupun pada kenyataannya buuuaaannyyaakk angkot yang suka ga bertanggung jawab juga sama rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Eh jangan salah lho... kita juga bisa cepet masuk surga gara-gara naik angkot lhoooo...
gimana caranya???
nah... ga jarang kan supir angkot suka ngulur waktu untuk ngetem, atau sekalinya jalan ngebut bukan main, nah si penumpang jadi bisa masuk surga karena banyak bacain ISTIGFAR gara-gara tuh kelakuan si supir angkot hehehehehe....
pisssss ahh...

yaaaa dinikmatin aja lah ya suka dukanya naik angkot. Kebanyakan protes ga bikin pahala bertambah, jadi mending banyakin bersyukur yang udah jelas-jelas akan melipatgandakan suatu kenikmatan.
oce!! angkoters tetep semangat! hahahaha

0 komentar:

Entri Populer

Visitors

Back to Top