0

Usia Kehamilan 24 Minggu

Dung... dung dung... makin melendung....
hehehe... iya bertambah lagi usia kehamilan bertambah pula berat badan. Sempet kaget juga pas beberapa waktu yang lalu sempet nimbang berat badan dan eng ing eng... bulan ini naek lagi 3 kg. Total kenaikan berat badan dari kehamilan awal jadi 10 kg.*rekor seumur hidup bisa naekin berat badan segitu kilo*

Alhamdulillah - nya adalah yang penting adalah S.E.H.A.T.
kalau sehat beraktivitas pun jadi lebih semangat dan ibadah pun lebih tenang. Sehat itu penting apalagi untuk ibu hamil.

Sekarang usia kandunganku sudah memasuki minggu ke 24 (bulan ke 6). Bulan ini masih belum juga ke dokter, nunggu sampai matching antara jadwal periksa, jadwal kerja, dan jadwal libur suami *hal ini yang selalu bikin rebet tiap bualn*  kemungkinan sih baru minggu depan bisa periksa lagi si kaka baby. Setidaknya ya walau pun belum periksa kita punya gambaran tentang kondisi di usia yang ke 24 minggu ini.

Menurut buku pintar kehamilan dan melahirkan dari Dr. Athif Lamadhah :

Mingu ke 24
Janin makin terlihat berisi dengan berat badan yang diperkirakan mencapai 600 gram dengan panjang sekitar 21 cm. Rahim terletak sekitar 5 cm di atas pusar atau sekitar 24 cm di atas simfisis pubis. Kelopak-kelopak mata janin sudah kian semprna dilengkapi bulu mata. Pendengarannya pun sudah berfungsi penuh. Terbukti janin mulai bereaksi dengan menggerakkan tubuhnya dengan lembut jika mendengar irama musik yang disukainya. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara-suara bising atau teriakan dari luar yang tak disukai. Cairan ketuban yang berfungsi melindungi janin dan memungkinkannya bergerak bebas, mengalami peningkatan dengan cepat. Dari sekitar rata-rata 50 ml pada usia kehamilan 12 minggu kini mencapai kira-kira 400 ml lebih. Bahkan pada usia kehamilan 36-38 minggu volume maksimalnya bisa mencapai 1 liter. Hanya saja komposisinya mengalamai perubahan selama kehamilan. Hingga pertengahan kehamilan, komposisinya sangat mirip dengan plasma ibu, selain kandungan proteinnya yang lebih rendah. Seiring dengan perkembangan kehamilan, dalam cairan ketuban terdapat bahan kimia yang disebut fosfolipid yang dibentuk di paru-paru janin. Cairan ketuban juga mengandung sel-sel darah janin, rambut lanugo, dan verniks kaseosa yang tak lagi terpakai.
sedangkan di infobunda , kehamilan 24 minggu :
Perkiraan janin telah mencapai 685 gram dan panjang 30 cm. Dari pertumbuhan tersebut, maka berat badan Bunda umumnya meningkat sebanyak 5,9 kg.  Pada umumnya pada minggu ke 24 kehamilan disarankan untuk melakukan tes gula darah, untuk mengetahui apakah bunda menderita diabetes pada kehamilan (Gestational Diabetes). Diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan bayi bunda lahir dengan berat badan yang tinggi yang membuat bunda harus melahirkan Caesar. Apabila bunda mengalami diabetes pada kehamilan maka sebaiknya bunda langsung diawasi oleh dokter. Ada kemungkinan diabetes pada kehamilan akan hilang setelah bunda melahirkan. Sehingga disarankan untuk melakukan tes kadar gula darah lagi setelah melahirkan untuk menentukan apakah bunda menjadi penderita diabetes atau tidak. walaupun munkin bunda tidak mengidap penyakit diabetes setelah melahirkan tetapi tetap disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat untuk menghindari timbulnya diabetes mellitus di kemudian hari. Kulit bayi pada saat ini masih tipis dan transparan, dan masih keriput tapi lapisan kulit bayi bunda sudah mulai terisi dengan lapisan lemak. Bayi bunda di minggu ini sudah mulai bisa merasakan setiap minuman yang dikonsumsi oleh ibunya karena indera perasa bayi sudah mulai berkembang. Paru-parunya sudah mulai membentuk cabang dan saluran pernafasannya sudah mulai membentuk cabang dan saluran pernafasannya sudah mulai membentuk menyerupai pohon.
Nah... para bumil, bunda, panda, omda hehehe...
begitulah gambaran tentang usia kehamilan yang ke 24 minggu. Subhanllah yaaaa... Allah SWT menciptakan manusia begitu sempurna dengan proses yang sempurna pula. Maka anak ini benar-benar menjadi amanah dari Allah yang sangat sempurna. Sudah selayaknya kita mensyukuri dan menjaga dengan baik amanah ini. Semoga ini menjadi jalan surga untuk kita semua bunda ^^

0 komentar:

Entri Populer

Visitors

Back to Top