0

Rencana Liburan Pintar

Melihat status bbm temen lagi jalan-jalan ke seaworld sama baby nya
waaahhhh serunya ngajak rekreasi anak sendiri....

Selain dari baca status bbm itu, sebelumnya juga kan baca buku make it happen yang salah satu isinya memang ada perencanaan untuk liburan keluarga.

Mulailah ber-ide untuk merencanakan liburan sama si abang baby hahahaha (baca abang masih di perut usia 7 bulan). Seru juga ternyata merencanakan liburan anak. Konsep yang aku buat adalah "Liburan Edukasi" maksudnya adalah liburan yang bisa menambah wawasan si anak sesuai dengan tahapan usianya. Jadi ga sembarang liburan untuk senang-senang aja, tapi liburannya bisa memberikan manfaat untuk anak dan orang tuanya.

Rencananya dalam setahun itu hanya bisa 1 - 2 kali liburan yang direncanakan.
Ga mau sering-sering juga dalam setahun, selain mungkin akan menguras isi kantong, atau jadwal dari papa dan mamanya yang harus dikompakin tapi lebih ke mengkonsep kepada anak :
"untuk bisa merasakan perbedaan suasana saat liburan dengan aktivitas sehari-hari atau dari sekedar jalan-jalan weekend keluarga" 
Jadi harapannya adalah ada suasan yang amaze di hati si anak saat ia mendengar kata LIBURAN :)
Setelah buat konsep itu, baru buatlah rancangan Holiday Wish List yang terdiri dari :
- Usia Anak
- Destinasi tempat liburan
- Jangka waktu (Berapa tahun lagi)
- Budget

Kemungkinan besar di usia 1 - 2 tahun si anak belum mengerti tentang makna liburan karena usia ini masih termasuk batita yang masih seneng main dengan alat-alat atau mainan dibandingkan dengan jalan - jalan jauh. Ga mungkin juga kan... kita ajak anak kita yang usia 1 - 2 tahun jalan-jalan ke museum hahahah... selain itu ga mungkin juga kita ngajak anak usia batita ke tangkuban perahu (inget banyak belerang yang bisa berbahaya kalo dihirup sama si baby) faktor keselamatan anak itu harus jadi pertimbangan yaaaaa....

Liburan jauh mungkin bisa dimulai di anak usia 3 tahun. Yang pada umumnya anak-anak di usia ini sudah banyak mengerti dan memahami berbagai informasi dari luar.

Destinasi tempat liburan (secara random) :
Usia 1 - 2 tahun : Kebun Raya Bogor, Taman Bunga Nusantara
tujuannya lebih pada berkumpul bersama keluarga, makan bersama, bermain bersama anak, dan mengenalkan jenis-jenis warna (warna bunga) pada anak

Usia 3 - 4 tahun : Seaworld, Kebun Binatang,
tujuannya : mengenalkan berbagai satwa yang mungkin tidak pernah dijumpai oleh si anak

Usia 5 - 6 tahun : Kidzania (Pasific Place)
tujuannya : mengenalkan cita-cita anak lebih dekat, menjadi seorang profesional yang sesuai dengan profesi pilihan anak, mengenalkan dunia pekerjaan kepada anak

Usia 6 - 7 tahun : Museum Geologi Bandung
Tujuannya : Menambah wawasan berbagai hal pada anak, informasi mengenai penemuan-penemuan di indonesia

Usia 7 - 8 tahun : Dunia Fantasi
Tujuannya : menyalurkan kemampuan kinestetis anak dengan permainan-permainan yang ada disana

Usia 8 -9 tahun : TMII
Tujuannya : mengenalkan suku budaya yang ada di Indonesia sesuai dengan pelajaran IPS pada saat usia tersebut (kelas 4 SD).

dan tempat yang lain-lain ^___^
serunyaaaaa membayangkan jalan-jalan ke tempat-tempat di atas sama si anak hahaha....

Next budget :
Nah... karena udah dipersiapkan nih list nya jadi akan lebih mudah untuk kita bisa menyiapkan budget dari sekarang. Banyak yang bilang "ya elah masih lama aja" eitttsss.... hapuslah pemikiran itu... inget looohhh harga tahun ini sama harga pas anak kita sudah menginjak usia yang sesuai list itu harganya akan bertambah naik.Kalau mau jadi yang cerdas harus inget dan sadar akan "INFLASI" setiap tahunnya di negeri ini yang dampaknya terhadap kenaikan harga di berbagai sektor.

Jadi, setelah bikin list destinasi tempat liburan barulah mulai dihitung-hitung untuk budget masing-masing tempat. Caranya adalah harga sekarang ditambah dengan inflasi 10% setiap tahunnya. Misalnya harga tiket masuk ke Seaworld tahun ini adalah Rp. 90.000 nah di destinasi usia 3 -4 tahun, kemungkinan dengan adanya inflasi 10% pertahunnya maka jika jangka waktu 3 tahun lagi harga tiket masuk Seaworld bisa mencapai Rp. 119.790

Makanya di atas aku bikin point jangka waktu (berapa tahun lagi) supaya bisa mengestimasikan harga atau biaya untuk liburan tersebut. Atau kalau mau lebih gampangnya dalam menghitung budget klik aja www.zapfinance.co.id di web itu pilih zapin check up  

Setelah membuat rencana iburan seperti yang udah diuraikan di atas, maka aku buat pos keuangan khusus untuk liburan anak :)
Kalau dipersiapkan dari sekarang kan budget untuk liburan akan terasa lebih ringan dikeluarkannya.

Baru bikin konsepnya aja udah seneng banget, apalagi kalau bisa melaksanakannya ^__^
melihat anak sendiri ceria, bersenang-senang, menikmati liburannya. Selain itu yang terpenting adalah si anak mendapatkan pengalaman dan tambahan wawasannya.

So.... SIAPKAN LIBURAN DENGAN CARA YANG CERDAS

0 komentar:

Entri Populer

Visitors

Back to Top