0

rumah = jodoh

nunggu jam 07.00 WIB, ngeblog dulu deh... ;) 

nyari rumah untuk dihuni tuh seperti nyari jodoh deh, ga gampang juga ternyata hehe... 
sekalinya ada yang pas eh... udah dibeli ma orang lain. Trus banyak yang ditawarin eh... tapi belum sesuai dengan harapan.... 
makanya sekalinya nemu yang lumayan cocok harus segera ngubungin si penjual rumah sebelum terbeli orang lain. 

tips untuk membeli rumah *kata suami* :
  1. Lihat lokasi, sebaiknya memilih daerah hunian yang strategis, dekat dengan pusat kota 
  2. Lihat harganya, (otomatis) terlalu mahal nanti over budget, terlalu murah juga harus lihat fasilitas. yang pasti harus sesuaikan dengan kemampuan kita :)
  3. Tanyakan surat-surat rumah, sebaiknya sudah SHM (Surat Hak Milik) jangan sekedar AJB (Akte Jual Beli) atau HGB (Hak Guna Bangunan). ini demi nasib kedepannya supaya jelas status tanah dan bangunan rumah yang akan dihuni jangan sampai setelah dihuni tiba-tiba kita digusur karena bukan tanah hak milik kita 
  4. Cek status tanah ke BPN, apakah itu tanah pemerintah atau tanah pribadi
  5. Cek fasilitas, sesuaikan harga pasar. Atap rumah sebaiknya genteng jangan asbes, drainase (saluran pembuangan air) harus jelas dan tepat dibuang kemana, sebaiknya ada garasi mobil dan tidak di dalam gang sempit (sesuai selera kalo ini sih). 
oke.. segitu deh tips nya semoga bermanfaat yaaaaa... ^^
yang pasti jangan sekedar tergiur dengan harga yang murah... sekarang orang marketing udah pinter masarin alyas promoinnya jadi kita tetep mesti teliti sebelum membeli jangan sampe kita beli rumah di daerah tanah sengketa. 

0 komentar:

Entri Populer

Visitors

Back to Top